Selasa, 21 Januari 2014

Semakin Berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi

 Information Communication Technology (ICT) atau Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan media atau sarana untuk dapat mempermudah kita mendapatkan informasi dan juga berkomunikasi tanpa memikirkan jarak dan waktu. Hingga saat ini teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang dan membuat segalanya menjadi lebih instan. Misalnya komputer, aplikasi yang ada dalam komputer makin hari semakin canggih, apalagi internet yang dapat membuat kita mendapatkan informasi atau berita-berita online yang setiap menit selalu muncul berita-berita ter-update. Selain itu juga membantu kita mengenal teman-teman baru atau berkomunikasi via online seperti chat, facebook, twitter, dan lain-lain.

Awal dari adanya ICT dimulai dari tahun 2000 yang awalnya dikembangkan dari Departemen Pendidikan Nasional lewat adanya mailing list lalu dibutnya program-program guna mempermudah mendapatkan informasi dan berkomunikasi antar sekolah dari pusat hingga ke daerah-daerah. Hingga saat ini ICT terus menerus berkembang ke berbagai kota hingga daerah, dari Departement Pnedidikan dan Departement lainnya, tanpa adanya batasan jarak dan waktu.

      ICT juga sangat menguntungkan dan berguna untuk e-commerce guna mempermudah suatu bisnis, sebelumnya apa sih e-commerce itu? E-commerce merupakan kegiatan bisnis jual-beli via online. Dari situlah e-commerce sangat memiliki peluar kerja yang sangat baik dan menguntungkan karena adanya teknologi informasi dan komunikasi yang terus menerus berkembang. Lewat online juga pembeli tidak usah repot pergi langsung ke toko, lewat internet segalanya dapat kita beli via online, dengan syarat-syarat dan ketentuan yang berlaku sesuai o-shop. E-commerce juga mempunyai tujuan, guna memberikan informasi ter-update, dan transaksi pembayaran menggunakan kartu  kredit atau transfer.
Berikut karakteristik dari e-commerce :
1.                  Adanya transaksi antara kedua belah pihak (pembeli dan penjual),
2.                  Pertukaran informasi barang dan jasa, dan
3.                  yang terutama yaitu, proses perdagangan melalui internet.

Selain memiliki manfaat, ICT juga memiliki kerawanan yang buruk untuk penggunanya. Berikut kerawanan dalam ICT:
1.       Cyber crime
Merupakan kejahatan penipuan atau pemerasan dengan membuat suatu blog atau website guna mendapatkan keuntungan besar. Misalnya, penjualan baju atau aksesoris yang bagus dan mahal yang pembayarannya dilakukan melalui transfer, padahal barang belum tentu ada atau tersebarnya berita-berita tidak benar dan tidak jelas tentang suatu produk.
2.       Hacking
Merupakan kejahatan yang menerobos aplikasi atau program orang lain, yang biasa disebut hacker. Hacker terbagi menjadi dua type yaitu;
a.                  Hacker yang menerobos akun orang lain yang niatnya hanya ingin memberitahu orang tersebut kalau komputernya harus diprogram ulang agar tidak ter-hacking lagi, dan
b.                 Hacker yang menerobos akun orang lain guna merusak, agar data-data yang dimiliki hilang dan tidak dapat digunakan oleh si pengguna aslinya.
3.       Plagiarisme
Merupakan tindakan plagiat atau menjiplak hasil karya orang lain yang diatasnamakan nama si plagiat bukan nama pembuat aslinya.
Berikut cara-cara mencegah penyalahgunaan ICT:
  1. Pemerintah harus ikut berpartisipasi dalam upaya mengontrol perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini dan mencegah penyalahgunaan yang dapat terjadi dalam masyarakat,
  2. Pemerintah juga harus membuat aturan-aturan tentang penggunaan teknologi informasi dan komunikasi bagi penggunanya,
  3. Para mahasiswa atau pengguna yang mngerti tentang ICT juga dapat berperan, dengan cara memberitahu masyarakat di sekitarnya tentang penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang baik dan bertanggung jawab, dan
  4. Menghimbau para pengguna sadar untuk tidak melanggar aturan dan merampas hak-hak orang lain.

Semakin berkembangnya ICT saat ini telah memasuki era mobile, dimana ICT tidak hanya terdapat dalam komputer tetapi juga ada dalam mobile phone. Saat ini sudah banyak sekali handphone canggih yang memiliki fitur-fitur lengkap yang menggunakan ICT di dalamnya, seperti blackberry dengan fitur BBM (Blackberry Messager) guna mempermudah komunikasi dan memberikan informasi antar pengguna blackberry. Dengan adanya perkembangan ICT dalam mobuile phone juga berguna agar orang-orang dapat saling berkomunikasi tanpa harus di rumah, tapi juga bisa dimanapun kita berada, baik langsung bertatap muka (3G) ataupun by phone dan message, selain itu lewat perkembangan ICT dalam mobile phone, kita juga dapat mencari berita dengan browsing apa saja.
Berikut peluang karir yang tercipta karena ICT:
1.                  Web designer,
2.                  Computer operator leader
3.                  Programmer,
4.                  Database designer,
5.                  Enterprise architect,
6.                  Web application designer, dan sebagainya.

Kesimpulannya, semakin berkembangnya jaman dan semakin berkembang pula ICT, dan membuat ICT berperan penting dalam kehidupan kita guna memberikan kemudahan untuk mendapatkan informasi-informasi yang up to date dan mempermudah kita untuk saling berkomunikasi tanpa batasan jarak dan waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar