Jumat, 27 Juni 2014

Aplikasi Pembayaran



BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Toko Granitex yang terletak di Jalan Raya Industri Lippo Cikarang No. 88 Bekasi merupakan badan usaha yang bergerak dalam bidang penjualan bed cover, sprei bantal, sprei guling dan sprei untuk kasur. Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak toko Granitex, bahwa mekanisme penjualan saat ini tidak memiliki masalah yang cukup berat. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, diperlukan adanya inovasi baru untuk sarana media informasi dan cara bertransaksi dengan konsumen. Selain itu, pihak dari toko Granitex merasa bahwa persaingan antar toko semakin ketat dapat dilihat dari jumlah perkembangan toko yang ada di kota Cikarang Bekasi. Hal ini berpengaruh terhadap daya tarik konsumen untuk memilih toko-toko yang sesuai dengan kriteria konsumen.
Pada saat ini toko Granitex mempromosikan barang yang akan dijual dengan cara memajang barang di etalase toko dan juga membuat brosur yang dibagikan kepada masyarakat di sekitar toko. Namun, dengan melihat dan mengikuti perkembangan teknologi yang sedang berkembang saat ini, pihak toko Granitex memandang internet sebagai media yang dapat menunjang kegiatan bisnis mereka. Media internet selain dipandang dapat menunjang kegiatan bisnis dagang, juga dapat diartikan sebagai alat pemasaran dan promosi guna menjangkau konsumen umum secara luas sehingga memudahkan dalam kegiatan promosi, penjualan dan pemesanan barang.Transaksi pembelian yang dilakukan oleh toko Granitex pada saat ini yaitu dengan cara calon konsumen datang ke toko untuk melihat-lihat barang yang telah dipajang di etalase toko, apabila konsumen ingin membeli barang tersebut maka konsumen membawa barang tersebut ke meja kasir untuk membayar harga barang yang telah disepakati. Pada meja kasir terjadi transaksi penjualan dan pembelian barang, konsumen memberikan uang kepada kasir lalu kasir membuatkan bon sebagai tanda bukti pembayaran kepada konsumen. Setelah bon untuk konsumen diberikan maka kasir juga memberikan barang yang telah dibeli oleh konsumen, dan konsumen dapat langsung membawa barang tersebut ke luar toko. Namun, selama ini pihak toko Granitex mengalami kesulitan dalam bertransaksi dengan para konsumen yang berada jauh dari toko Granitex, karena mekanisme transaksi yang sudah ada saat ini belum dapat menarik keuntungan secara maksimal, dikarenakan jumlah konsumen yang datang ke toko tidak terlalu banyak.
Proses pembuatan laporan data pada toko Granitex pada saat ini yaitu pada saat kasir membuat bon untuk konsumen sebagai bukti pembayaran maka akan ada hasil duplikasi bon untuk kasir yang akan disimpan untuk membuat laporan data penjualan harian. Duplikasi bon tersebut datanya akan disalin ke buku laporan data penjualan, sehingga nanti akan dapat diketahui stok barang mana yang akan habis dan dapat diketahui juga hasil laba atau rugi hasil penjualan barang pada harian, mingguan atau bahkan bulanan pada toko Granitex. Namun, seiring berjalannya waktu pihak toko granitex mengalami kesulitan dalam hal pelaporan data tersebut. Proses pembuatan pelaporan data yang terjadi secara manual mengakibatkan proses pelaporan data penjualan menjadi lambat dan kurang tertata dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar