Jumat, 18 Oktober 2013

Air Terjun Sipiso-piso yang Legendaris







Air terjun sipiso-piso merupakan salah satu tujuan wisata yang amat terkenal di Sumatera Utara, Air terjun Sipiso-piso yang terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, ramai dikunjungi wisatawan lokal. Panorama keindahan air terjun Sipiso-piso dan Danau toba yang tepat berada di Desa Tongging Terletak dekat dengan Danau Toba. Bernama air terjun Siposo-piso karena bentuknya yang mirip dengan pisau, tinggi air terjun ini sekitar 120 meter, Sumber airnya adalah dari sungai bawah tanah dari sebuah goa di dekat kawah danau ini.
Sipiso-piso dalam bahasa Batak berarti pisau-pisau asal julukan ini karena air terjun yang terletak didesa tongging ini airnya yang deras mengalir membelah bukit tinggi lalu terjun dari atas bukit kedasar sehingga nampak seperti pisau-pisau tajam berwarna putih yang menghujam kedasar bumi.
Dari tempat parkir mobil kita sudah dapat melihat air terjun sipiso-piso yang legendaris, pemandangan yang menakjubkan lain yaitu pemandangan danau toba disisi yang berseberangan dengan air terjun sipiso-piso. Bila kondisi sedang hujan wisatawan dilarang untuk turun kebawah karena ada kemungkinan air sungai akan meluap dan banjir sehingga membahayakan jiwa wisatawan sendiri.
Menyaksikan dari dekat air terjun sipiso-piso yang begitu gagah dan mengalirkan air yang begitu deras yang menghantam batu-batuan dibawahnya. Wisatawan dapat mandi atau sekedar membasuh wajah dan menyegarkan diri, air disungai tepat dibawah air terjun sipiso-piso sangat jernih, bagi penggiat fotografi, ambillah foto dari berbagai sisi yang berada di sekitar air terjun dan dapatkan hasil foto yang mengangumkan, bagi yang membawa kamera terutama tipe DSLR sebaiknya melindungi lensa saat mengambil foto, karena hempasan air terjun yang jatuh di bebatuan mencipratkan air kemana-mana. Objek wisata yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Karo ini termasuk tujuan ke Desa Tongging yang tepat berada dibawah air terjun Sipiso-piso. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar