Jumat, 18 Oktober 2013

Danau Siombak Bisa Jadi Alternatif Wisata



Mungkin banyak wisatawan yang berasal dari luar kota Medan dan luar Provinsi Sumatera Utara yang belum begitu tahu bahwa di Medan pun ada sebuah danau yang bisa menjadi destinasi wisata. Ini memang bukan danau alam, tetapi danau buatan. Walaupun demikian, Danau Siombak - begitu namanya - bisa dijadikan alternatif wisata.
Terletak di Jalan Nipon, Kecamatan Medan Marelan, lokasi destinasi wisata itu hanya sekitar 40 kilometer dari pusat kota Medan. Saat akan memasuki destinasi tujuan itu, akan terlihat hutan bakau. Menurut informasi, danau itu terbentuk karena pasir yang ada di situ diambil untuk pembangunan jalan tol di daerah Belawan dan Tanjung Morawa. Akibat kerukan pasir terus-menerus terbentuklah lubang besar yang akhirnya menjadi danau.
Berkedalaman sekitar lima meter, danau itu mencapai luas sekitar 34 hektare. Selain sebagai objek wisata, danau tersebut juga berfungsi sebagai daerah resapan air bagi warga kota Medan. Danau itu diresmikan sebagai objek wisata pada tahun 2006, dan kini tersedia beragam fasilitas permainan air yang dapat dimanfaatkan wisatawan. Di antaranya adalah kolam renang bagi orang dewasa maupun untuk anak-anak, perahu motor, speed boat, kereta api, kolam pancing air tawar, dan berbagai permainan untuk anak-anak. 
Sampai saat ini, wisatawan yang berkunjung ke tempat itu umumnya hanyalah wisatawan lokal dari Medan dan sekitarnya. Walaupun ada juga yang datang dari tempat-tempat lain di Sumatera Utara. Namun bila terus dikembangkan dan dirawat kebersihannnya, bukan tak mungkin Danau Siombak itu dapat menjadi destinasi wisata pilihan bagi wisatawan yang datang dari luar provinsi itu maupun wisatawan mancanegara. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar